July 17, 2018

Contoh teks sejarah bahasa indonesia

Tags



Makam Mistis Trengguling

Desa Saren merupakan salah satu desa yang terkenal di Kecamatan Kalijambe. Terdapat salah satu tempat yang dikatakan cukup tua dan terkenal mistis, yaitu sebuah pemakaman bernama Makam Trenggulin. Terletak di Desa Saren RT 1O Kalijambe, Sragen.
            Asal-usul tentang penamaan Makam Trenggulin tidak banyak masyarakat yang tahu. Bahkan orang tertua di desa yaitu Bapak Kholil yang berumur 90 tahun juga tidak mengetahuinya. Diperkirakan makam tersebut telah berdiri sejak zaman Kolonial Belanda di Indonesia.
            Makam yang sudah tua tersebut terlihat menyeramkan. Bahkan, masyarakat desa pada awalnya menganggap Makam Trenggulin menyeramkan dan hanya beberapa orang saja yang berani melewati sekitarnya, karena zaman dahulu tak terdapat bangunan atau pemukiman disekelilingnya.
            Terdapat kejadian yang aneh dan misterius yang pernah terjadi di makam tersebut walaupun masih diragukan kebenarannya. Dahulu, terdapat cerita bahwa terdapat seorang ibu pedagang hendak pergi ke pasar pada pagi hari sebelum subuh yang melewati depan makam tersebut. Tiba-tiba ibu itu melihat sesosok wanita berdiri di depan pintu makam. Lantas ibu pedagang menghampirinya. Kemudian berpalinglah wanita tersebut , seketika ibu pedagang menjerit dan lari ketakutan menuju ke arah pasar setelah melihat wajah sesosok wanita itu.
            Keadaan Makam Trenggulin sekarang ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Telah banyak bangunan-bangunan disekitarnya seperti rumah pemukiman warga, pabrik tekstil, dan perumahan nasional. Bentuk makam yang awalnya terlihat menyeramkan sudah dibuat sedemikian rupa sebagaimana mestinya. Masyarakat sekitar, khususnya Desa Saren tak lagi menganggap bahwa Makam Trengguling menyeramkan dan memiliki hal-hal yang mistis.


EmoticonEmoticon